Selasa, 03 Desember 2013

Kenapa harus membaca ?


Assalamualaikum
Membaca
(c) shiningallspark.web.id
Membaca ? Siapa yang tidak tahu membaca ? Haha, semua orang tahu apa itu membaca. Anda pun sedang membaca artikel saya. Kenapa harus membaca ? Mari kita bahas bersama. Cek this out !!
Membaca merupakan sebuah cara untuk mendapatkan suatu informasi dari sesuatu yang ditulis. Membaca melibatkan pengenalan simbol yang menyusun sebuah bahasa. Membaca dan mendengar adalah 2 cara paling umum untuk mendapatkan informasi. Informasi yang didapat dari membaca dapat termasuk hiburan, khususnya saat membaca cerita fiksi atau humor. [sumber]
Sebelum saya membahas lebih jauh, kita mulai untuk mengetahui manfaat membaca tentunya versi saya adalah sebagai berikut:
Manfaat Membaca
Melatih kemampuan cara berpikir.
Kita tahu dalam membaca akan terjadi sebuah proses dimana suatu informasi yang dikembangkan oleh penulis menghasilkan sebuah opini yang nyata nyata diterima atau tidaknya oleh pembaca. Ini menunjukan bahwa saat anda membaca, anda juga mencoba untuk bisa mendalami apa makna dari sesuatu yang anda baca. Selain itu, para ahli juga menyatakan manfaat membaca dapat meningkatkan keahlian kognitif dan meningkatkan perbendaharaan kosakata.
Mengasah kemampuan menulis.
Wah wah, jelas sekali yah ? Saat pemahaman, pengetahuan, dan wawasan anda lebih luas, anda sudah pasti tahu bagaimana cara menulis yang baik. Pepatah juga mengatakan, "Penulis yang baik adalah pembaca yang baik". Dari sini biasanya muncul beberapa ide yang membuat anda terinspirasi ketika membaca dulu. Apakah anda seorang penulis ? Apa jadinya jika anda melewatkan sesuatu yang semestinya dibaca ? Begitulah kira kira. Hehe
Mendukung kemampuan berbicara.
Membaca adalah aktifitas yang akan membuka cakrawala dan pengetahuan anda terhadap dunia. Terbatasnya jangkauan diri kita terhadap peristiwa-peristiwa di dunia, hanya bisa dijangkau dengan membaca. Selain mendapatkan informasi tentang berbagai peristiwa, membaca juga mampu meningkatkan pola pikir, kreativitas dan kemampuan verbal, karena membaca akan memperkaya kosa kata dan kekuatan kata-kata. Meningkatnya pola pikir, kreativitas dan kemampuan verbal akan sangat mendukung dalam meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum.
Meningkatkan konsentrasi.
Dewasa ini, banyak sekali informasi beredar yang tidak sesuai dengan kebenarannya. Mulai saat anda membaca, kini anda adalah seseorang yang hebat dalam pengambilan keputusan. Anda akan jauh dari penipuan. Anda akan lebih fokus dan berkonsentrasi dalam berfikir, berbicara, mendengar, dan bertindak. Anda telah memiliki sistem praktis dan konsentrasi penuh dalam kehidupan. Anda akan tahu saat saat dimana anda harus mendengarkan semua informasi atau tidak. Ini juga dapat mengembangkan objektifitas dan pengambilan keputusan.
Membangun kepercayaan diri.
Ya, tentu saja saat anda tahu banyak kejadian, fenomena, pengetahuan yang terjadi di muka bumi ini anda bisa dikatakan lebih cerdas bukan ? Dengan membaca anda melihat semuanya lewat jendela dunia. Jadi hal ini merupakan reaksi berantai. Karena anda seorang pembaca yang baik. Orang-orang akan mencari anda untuk suatu jawaban. Perasaan anda terhadap diri anda semakin baik.

Sejuta Pengalaman Saat anda membaca
(c) ilhamrizqi.com
Ada hal yang ingin saya sampaikan kawan. Saat anda membaca anda seperti hidup lebih dari ratusan tahun. Maksudnya adalah pengalaman anda yang memiliki banyak gambaran dari pengalaman orang lain. Teorinya seperti ini. Kita ambil contoh seorang penulis buku yang notabene berumur ± 30 tahun. Mereka mencari sesuatu pengalaman untuk mereka tulis. Professor yang mencari sebuah rumus bertahun tahun, sedangkan kita tahu tinggal membaca lalu mempelajari sesuatu yang sudah ada. Itu hanya satu contoh dari satu buku yang anda baca. Sekarang anda membaca 10 buku dalam satu bulan. Kita bisa jumlah 10 x 30 tahun = 300 tahun. Benar tidak ? Meskipun masih banyak yang belum manusia pelajari. Setidaknya anda mengerti banyak permasalahan serta pemahaman yang anda ketahui di dunia ini.

Hidup ini hanya sementara. Hidup lalu mati. Anda mungkin ingin bahagia. Anak anda juga ingin bahagia. Kalau anda begitu berarti dalam tatanan kehidupan ini. Anak anak anda akan bangga terhadap perjuangan anda. Begitupun selanjutnya.

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar